Minggu, 11 Desember 2016

Tips Belanja di Harbolnas

Akhir tahun tiba, diskon di sana-sini makin ramai, deh! Yap, momen akhir tahun biasa dimanfaatkan berbagai toko untuk mengadakan diskon besar-besaran guna menarik pembeli, sekaligus cuci gudang. Di Indonesia, momen ini diwujudkan dalam Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember untuk memudahkan maskyarakat bertransaksi secara online. Plus, sale up to 50% off! :p
Harbolnas adalah perayaannya para onlineshopper dalam berbelanja di dunia maya. Awalnya, perayaan ini diselenggarakan pada tahun 2012 oleh tujuh e-commerce. Pada tahun ke-5 kini, peserta Harbolnas meningkat jadi 200 perusahan e-commerce! 
Nah, Supaya bisa asyik berbelanja tanpa takut kehabisan barang, baca tips berbelanja saat Harbolnas berikut ini, ya!

Survei Barang Incaran

Langkah ini sering dilupakan online shopper ketika belanja saat Harbolnas. Mereka kerap lupa survei produk yang ditawarkan dengan harga miring saat Harbolnas. Terkadang, online shopper juga nggak aware atau mencari info lebih lanjut tentang promo yang tersedia. Saat hari-H pun, online shopper terlalu lama melihat-lihat barang dagangan di website sehingga kehabisan stok barang yang diinginkan.
Karena itu, follow semua akun online shop dan cari tahu produk apa saja yang didiskon, serta promo terkait. So, kamu tinggal klik 'BELI' deh saat hari-H Harbolnas!

Dengan melihat review, kamu jadi tahu apa keunggulan dan kelemahan barang yang akan kamu beli (foto: itechpost)

Perhatikan Review dan Harga Asli

Pada tahun 2015 lalu, pembodohan harga gencar terjadi di Harbolnas 2015. Banyak e-commerce menaikkan harga produknya berkali-kali lipat dan mendiskonnya sebesar mungkin. Contohnya, smartphone yang harga aslinya Rp 2 juta dinaikkan menjadi Rp 5 juta, kemudian didiskon hingga 60%. Nah, justru hal ini lebih menguntungkan dari penjualan biasanya!
Oh iya, banyak pula ditemukan promo harga murah yang kualitas produknya nggak bagus. Contohnya, powerbank berkapasitas 10000 mAh yang dijual dengan harga kurang dari Rp 100 ribu, tapi cuma awet digunakan seminggu. Makanya, setelah menulis wishlist, carilah review barang carian kamu dan catat harga normalnya. Jika barang yang kamu incar nggak ada review-nya, lebih baik jangan beli dulu, deh.

Bangun Pagi, Belanja Pagi

Saat hari-H Harbolnas, jangan sampai kamu asyik berbelanja di siang atau malam hari. Sebab, pada waktu tersebut, internet traffic lagi padat-padatnya. Alhasil, kelancaran berbelanja jadi terganggu karena koneksi internet yang lemot. Kalau kehabisan barang incaran, pasti kamu bete banget, kan? Oh iya, beberapa promo juga diberikan di jam-jam tertentu. Karena itu, stand by depan gadget dari pagi agar nggak ketinggalan promo menarik!

Efisien dengan Laptop atau Komputer


Umumnya, beberapa website penyelenggara Harbolnas memiliki interface atau tampilan yang lebih enak dilihat dari laptop atau komputer. Ketika kamu mengaksesnya melalui smartphone, tampilan menjadi kurang nyaman dilihat karena keterbatasan layar. Dengan smartphone juga, kemudahan berpindah dari menu satu ke menu lainnya juga kurang terasa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar