Selasa, 13 Desember 2016

Manfaat yang ngak kamu duga dari menunda suatu perkerjaan

 Pasti kamu pernah melakukan SKS (Sistem Kebut Semalam) kan? Atau malah sering? Banyak banget alasan yang bikin kita menunda pekerjaan. Sistem yang kamu lakukan gara-gara suka menunda itu ternyata nggak sepenuhnya merugikan lho, asalkan kamu tahu batasannya dan kamu masih bisa memanajemen waktu dengan baik. Eits ternyata, ada kelebihan nggak terduga saat kamu menunda pekerjaan dan terbiasa kejar-kejaran sama deadline. Ini dia!

Bikin Work Smart
 
Suka nyadar nggak sih, ketika dikejar deadline, kamu mendadak jadi sosok yang kreatif banget. Kerja keras kamu makin maksimal dengan memilih work smart daripada work hard dari jauh hariBuat kamu, dikasih jangka waktu yang lama sama sekali nggak ngefek buat kamu bisa bikin hasil yang lebih baik. Sedangkan, nggak jarang ide-ide cemerlangmu baru muncul dan berkembang secara efisien setelah merasa terdesak. Nggak papa kok kalau kamu bisa memaksimalkan sistem ini, asal kamu sadar kemampuan dan nggak malah nyusahin diri sendiri. Pressure is good for you.

Bisa Positif Thinking

Nggak perlu diragukan lagi. Procastinator adalah orang-orang yang selalu punya percaya diri tinggi karena selalu positif thinking masih bisa mengejar ketertinggalan yang disengaja. Eits, tapi biasanya keputusan menunda pekerjaan ini akhirnya sering membawa keberuntungan dengan adanya informasi tambahan yang secara tiba-tiba muncul. Tapi, kalau kamu anaknya malas dan nggak suka cari referensi, hati-hati deh malah harus kerja dua kali.

Minim Stress

Kamu boleh menunda asal kelebihan waktu itu kamu gunakan untuk beristirahat, bukan buat melakukan hal lain yang nggak berguna loh ya. Soalnya nih, dengan bekerja lebih lama bukan berarti kita mendapatkan lebih banyak hasil. Nyatanya? Malah males dan nggak produktif deh. Biasanya, setelah beristirahat kita akan merasa lebih segar dan mampu menyelesaikan tugas hanya dengan waktu yang lebih sedikit. Sehingga, penundaan memaksa kita untuk menyelesaikan semua pekerjaan tanpa waktu tambahan. 
Nggak heran, mereka yang suka menunda malah cenderung sedikit lebih bahagia daripada orang lain. Psssst, sebagai procastinator, nggak berarti kamu tuh seorang pemalas lho. Justru, kamu orang yang terorganisir dengan baik karena tahu kapan dan berapa lama kamu bisa nyelesaiin tugas secara optimal.

Tahu Prioritas

Tahu nggak, di balik penundaan ternyata menawarkan kesempatan untuk lebih merencanakan ke depan. Sebab, nggak jarang kamu pasti malah melompat melakukan tugas lain lebih dulu, kemudian berhenti dan mengumpulkan niat lagi untuk mengerjakan tugas yang sebenarnya. Asalkan kamu udah membuat daftar to-do list sesuai prioritas, tugas kamu juga bisa selesai. Tugas yang kamu prioritaskan ini pasti sesuatu yang lebih mudah atau menurut kamu lebih penting untuk diselesaikan. Oleh karena itu, dari menunda-nunda ini akhirnya kamu tahu mana yang jadi prioritas. Ya kan? Work smart, not work hard.

Eits, tapi jangan dibiasaain ya. 

You may delay, but time will not.” -Benjamin Franklin

1 komentar: