Rabu, 16 Januari 2019

Inovasi Teknologi Base Isolation Untuk Struktur Bangunan Gedung Tahan Gempa (Universitas Gunadarma Review)


Walaupun Teknologi Base Isolation adalah teknologi yang konvesional dan sudah sering kita jumpai pada struktur konstruksi jembatan. Namun, kenapa sekarang malah sering digunakan ke dalam Perencanaan Konstruksi Bangunan Gedung Bertingkat yang tahan terhadap gempa.

Gempa Bumi yang terjadi di beberapa penjuru dunia membuka mata para ilmuan untuk melakukan perubahan besar pada perencanaan konstruksi bangunan yang tahan gempa. Konsep Bangunan dengan Base isolator adalah meminimalisir pengaruh getaran - getaran gempa yang terjadi pada struktur bangunan gedung bertingkat. Base Isolator ini terdiri dari dua bagian yaitu pertama untuk struktur bangunan diatas isolator dan struktur pada level bearing Isolator.
Berikut adalah beberapa sistem kontrol struktur akibat gaya gempa dimana sistem ini dapat digolongkan atas tiga bagian yaitu :
1.   Sistem Kontrol Active - Semiactive 
2.   Sistem Kontrol passive
3.   Sistem Isolasi 

Untuk Sistem Prinsip kerja pada jenis Base Isolator elasometrik bearing ini (HDRB atau LRB) adalah dengan memperpanjang waktu getar alami struktur diluar frekuensi dominan gempa sampai dengan 2.5 dari waktu getar struktur bangunan tanpa isolator (fixed base structures). Damping nilai struktur yang terjadi adalah 10% sd 20%. Dengan begitu gaya gempa yang merambat ke struktur bangunan menjadi lebih kecil.

Kelebihan dari penggunaan Sistem Base Isolation dalam Perencanaan Gedung Bertingkat, yaitu :
1.   Saat gempa terjadi, Bearing yang fleksibel tersebut mampu untuk menyaring frekuensi-frekuensi gempa yang tinggi sehingga mampu menanggulangi bangunan tersebut agar tidak rusak atau runtuh.
2.   Mengurangi Korban Jiwa apabila bencana Gempa datang.
3.   Base isolation merupakan sebuah aplikasi kendali pasif yang sangat baik digunakan untuk meredam gaya gempa bumi yang terjadi. 
Sistem Base Isolation ini bukan tanpa kelemahan, tetapi ada beberapa kelemahan yang dimiliki oleh Dumping jenis ini, yaitu sebagai berikut :
1.   Harga Base Isolation per unit nya sangat mahal , jadi apabila kita ingin membangun gedung dengan struktur yang biasa saja tidak disarankan untuk menggunakan struktur peredam gempa seperti ini.
2.   Base Isolator ini tidak dapat digunakan pada Bangunan yang jenis tanahnya lunak.

Nama     =  Maajid Jati Laksamana
Npm       = 13315974
Kelas      =  4TA01
Dosen     =  I kadek Bagus Widana Putra
Jurusan   = Teknik Sipil
Fakultas  = Teknik Sipil dan Perencanaan


Daftar Pustaka :
Academia. 2017. Base Isolation (Rekayasa Struktur Tahan Gempa), https://www.academia.edu/30403442/Base_Isolation_rekayasa_struktur_tahan_gempa_, Diakses pada tanggal 16 Januari 2018.


Universitas Gunadarma

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan


1 komentar:

  1. permisi min numpang share ya :)
    bosan tidak tahu mesti mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^


    BalasHapus